[TULUS] A Piece of Hope

Processed with VSCO with c4 preset

A Piece of Hope
© echaakim 2016

Kisahmu, harimu, kutahu semua
Tanpa kau berujar, aku selami

Tulus – Mengagumimu dari Jauh

Odi terbangun karena tak menemukan guling kesayangannya dalam dekapan. Rasa-rasanya dia baru tertidur seperempat jam lalu—seragam basketnya yang bau keringat itu rupanya belum sempat diganti.  Dia berguling ke kiri, hanya untuk mendapati guling semata wayangnya itu tidur  di lantai.

Dia bersungut dengan mata sayu. Kantuknya sirna sedikit-sedikit acapkali kupingnya (yang sering disamakan dengan kuping gajah) itu mendengar suara sumbang yang bernyanyi di kamar sebelah.

Bad mood, begitulah kiranya. Odi pulang dengan suasana hati yang betul-betul tak enak. Klub basketnya kalah dalam pertandingan melawan  klub sekolah  tetangga yang notabene saingan berat mereka dari tahun ke tahun.

Moodnya makin jelek gara-gara suara sumbang yang dengan tidak manusiawinya itu membuat tidur siang berharganya terganggu.

Demi kadal berkepala ayam yang eksistensinya mungkin cuma ada dalam kepala Odi, dia baru saja hendak mengirimkan umpatan untuk saudarinya—yang masih setia bernyanyi dengan nada tinggi tak kesampaian—ketika matanya tak sengaja memandang ke arah jendela kamar seberang yang terbuka.

Ah, Odi jadi nelangsa mengingat sang pemilik kamar.

Namanya Alsa. Anak bungsu keluarga yang baru pindah sepuluh hari lalu di rumah itu. Iya, baru sepuluh hari, sih, tapi nyatanya dia sudah berhasil membuat Odi jatuh hati dalam satu detik di hari pertama kepindahannya.

Dia tinggi, tapi sepertinya tidak lebih tinggi dari Odi. Rambutnya pendek sebahu dan dia berponi—yang mana mengingatkan Odi pada tokoh kartun Dora the Explorer, tapi dia tidak bersama monyet bernama Boots beserta ransel ungu, dengan peta yang bisa bicara. Yang benar saja.

Mungkin si Alsa itu penyihir, itu pendapat paling tak masuk akal yang pernah singgah di kepala Odi. Entah mantera jenis apa yang dia pakai sampai-sampai Odi dengan mudah memberikan hatinya pada cewek itu. Padahal Odi bukan tipikal cowok yang demikian. Dia lebih minat mengencani poster Haruno Sakura yang tertempel besar nan apik di dindingnya ketimbang satu dari sekian cewek-cewek sekelas maupun sekolah.

Alsa memang tak bersekolah di SMA yang sama dengan Odi. Pun mereka berdua hampir tak pernah berkomunikasi—hanya saling melempar senyum kala tak sengaja saling bertatap.  Tapi bukan berarti Odi tidak tahu kebiasaan tetangganya yang cantik itu.

Alsa bangun setiap pukul lima subuh setiap hari. Alsa suka pakai kaus berwarna biru. Alsa suka sate kacang dan jus jeruk. Alsa suka film romansa seperti Titanic. Alsa penggemar berat Greyson Chance. Alsa lahir di bulan Agustus. Alsa sering main bulutangkis bersama ayahnya di Minggu sore. Alsa hobi menggambar dan Alsa senang pelajaran Bahasa Asing.

Odi tahu semuanya. Sebutlah stalker sebagai profesi sampingannya sekarang.

Pada dasarnya, Odi sering mendamba bisa ngobrol dengan Alsa. Mengangkat topik ringan demi sekadar basa-basi-busuk yang tak seberapa. Membicarakan teman sekelas masing-masing rasanya tidak buruk.

Tapi apalah semua angan-angan itu ketika berhadapan langsung dengan kenyataan. Jangankan mengobrol, sepatah kata ‘hai’ saja tak pernah hadir di bibir keduanya. Mereka hanya saling mengumbar senyum barang satu atau dua detik sebagai formalitas belaka kala tak sengaja saling memandang. Odi bahkan ragu kalau Alsa tahu namanya.

Entah gengsi, entah malu.

Tapi, ya, sudahlah. Toh begini saja sudah cukup bagi Odi; memandang bisu jendela kamar Alsa yang terbuka. Sering mendengar gelak tawanya yang samar-samar adalah satu dari sekian hal yang menjadi kesukaan Odi.

Perhatian Odi lantas teralihkan oleh deru sepeda motor dari jalanan komplek yang lengang. Odi lekas mengintip di balik kain penutup jendelanya. Ada sepeda motor berhenti di depan pagar rumah Alsa. Seorang cowok mengendarainya dan Alsa turun dari jok belakang. Mereka tampak bercakap-cakap sebelum akhirnya Alsa melambai dan si cowok berlalu dengan motornya.

Odi tersenyum kecut, masih betah mengintip sampai Alsa masuk ke rumah.

Dihelanya napas panjang sembari menyambar handuk. Agaknya Odi sudah sadar diri dengan bau tak sedap  yang menguar dari badannya. Dalam hati, Odi mendengus. Memangnya apa, sih, yang dia harapkan dari cewek yang sudah punya pacar?

fin

note(s) :

  • 612 wordcount yang naudzubillah gak jelasnya.
  • echaakim itu asli goblok banget bikin moodboard.
  • juga bungul banget dalam genre macam ini, tapi maksa banget (makin bungul++).
  • gak paham sudut pandang cowok. ok.
  • debut odi x alsa jadi orific cast-ku (mohon untuk tidak menduga-duga, ehe).
  • banyak salah kata, salah segala macam. mohon maaf lahir batin. i’ll fix it asap.
  • makasih banyak yang udah bertahan membacanya. i luv ya~
  • salam kambing mengambang uyea!

 

yang bukan elsa projen,
echaakim ❤

Advertisements

28 thoughts on “[TULUS] A Piece of Hope

    1. echa moodboardnya bagus pls aku suka filternya :(((( aih kasian ya mas odi. makanya kalo jadi cowok tuh harus berani dong. nyapa aja gaberani, nanti kalo ketemu camer gimana malah jadi cemer. cari cowok lain aja lah mas, daripada pho. ((lah ini gw ngobrol sama mas odi pha gmn)) DAN DEMI APA ADA KADAL BERKEPALA AYAM HHHHH ECHAAKIM NEXT PROJECT TEMANYA HEWAN MUTAN U YANG HANDLE YA. APA PULA ITU STALKER PROFESI SAMPINGAN. YOKSI ECHAAKIM KIP WRITING DAN MENCIPTAKAN HEWAN MUTAN TERUPDATE YA 👏👏👏👏

      Liked by 1 person

      1. Ais sumpah lo tuh hobi banget ya bikin w ngakak anjir😂😂
        Dan tolong itu moodboardnya gak modalan banget is, gak salah kamu bilanginnya bagus? ((filtef by vscocam fullpack uyea)) ((endorse))
        Hwehehe okay, kalau kalian berkenan ntar next project aku yg handle dengan tema hewan mutan ea ea😂🔫
        Anyway, makasih banyak ais❤ keep writing juga, ya💞 #banjarbanar #banjarsister #banjarpridept2

        Like

  1. CHAAAK MOODBOARDNYA JEBHAL SUGOIIII*-*
    Ceritanya apalagi lebih daebak*-*
    Si odi tuh ya deketin dong jangan diem aja makanya. Yatapi namanya dah punya pacar gabisa berkutik kanya sukurin dah lo /noposih/
    YHA POKOKE IKI JOZZ NGALIR TAPI JLEB YHA. KEEP WRITING URI PENCETUS UMPATAN TERKREATIF❤❤

    Liked by 1 person

    1. WALHAMDULILLAH KALO DIKAU SUKA REP, PADAHAL ITU ASLI GAK MODAL BANGET EW.
      Diri ini jadi tersipu karenamu hwihiy😳😚
      Hm biarkan rasa galau mengganggu si odi ini🔫
      TERIMAKASIH BANYAK URI REPINA WAJANGNIM🙆❤ KEEP WRITING JUGA YA KAMOE😚

      Like

      1. PERTAMA LIAT LANGSUNG KECANTOL SAMA MOODBOARDNYAA! AJARI AKU DONGS MASTAH!
        odi sama alsa yha hm nyerempet nyerempet gasruk banget ini namanya wkwkwk. Aku salut sama kamu chak bcs ini dari sudut pandang cowok, i mean, yha kita kan ciwei jadi kadang ga tau apa yang sebenernya dipikirin cowo. Gemesh ya aku kalau liat cowok kayak odi, yang paling peduli tapi gapunya kesempatan, huhu sabar yha odi. Aku suka gaya nulismu cha, sederhana tapi bikin aku ga sadar kalau itu udah sampe akhir cerita hufthuft. DAN ITU APA-APAAN YA RABB KAMBING MENGAMBANG NYEMPIL DI NOTES
        cha, umpatanmu terlalu kreatif, kamu aku nobatin jadi Ratu Umpatan Terkreatif 2k16
        YHA ECHA SI LEMBU TERBANG BETINA, KEEP WRITING JUSEYO! SE-MA-NGAT!! ❤

        Liked by 1 person

      2. YHA ASTAGHFIRULLAH BUN AKU AJA GAK MODAL BANGET PICTNYA GITU DUH ;;-;;
        Hwehe, aku suka nama odi tuh ya keliatan lucu lucu gimana gitu, gatau deh si alsa nemunya di mana:’v
        Ah, bunda bisa aja yha dikau hmm. Aq jadi tersipoe-sipoe ini aww /opo/ XD
        Ya alhamdulillah kalo kamu suka, lam. Makasih banyak uri bundanya macseoul yang paling kyood ❤ I luv ya and keep writing too~~~ <3<3<3

        Like

      1. anyong elsya jodohnya yoon sanha, ketlin baru inget kalo ketlin belom ninggalin jejak apa pun selain kata ‘spot dulu ya’ di lapak macseoul sq 😦 maafkan ketlin, sampe telat gini huhuhu. first of all, ini tuh sebelas-dua belas sama kisah cintaku yang nggak jelas, punya rasa tapi ragu tuk mengungkapkan (bahkan dibumbui dengan pikiran “ah pasti dianya lupa sama gue” atau “ah pasti dianya nggak ‘kenal’ sama gue” dan blablabla). aku awalnya ngakak tae liat nama odi sama alsa HAHAHAHA moga aja bukan soal si ingus kuda nil itu ya cha . . . .

        ini tuh pure banget, kentara banget chak lo nulis pake perasaan, dan gue bacanya sambil ‘mampus gue kok baper’ atau ‘lah kok gue gini ya abis baca punyanya echa, tanggung jawab lo cha!’ tapi semuanya berubah ketika ada kata kadal berkepala ayam :(( ketlin ga jadi baper woe, thanks to the kadal thingy HAHAHAH chak rasanya yang dibilang ais ada benernya, nanti kalo ada project lagi (dan) projectnya bertema hewan mutan, lo deh yang ditunjuk jadi pihak pelaksana. eh ga ding aku canda, maaf kalo echaanya rada gimana gitu baca komenan ketlin yang super late ini -_- ah udalah, ketlin takut nanti ngomongnya jadi ngelantur sampai galaksi sebelah lagi. such a great piece of art, echaakim! so proud of you, and i really mean it. keep writing sayang 💙

        Liked by 1 person

      2. ((jodohnya yoon sanha))
        Ya ampun ketlin q, itu aku aminin gapapa dong yaaa wkwk XD
        Hm, aku tuh why kalo udah baca komenan panjang panjang suka speechless sendiri gatau mau berkata-kata opo lagi…. cuma taunya mau ngomong makasih sebanyak banyaknya ke kamu hm aq sayang bgt sama qm wahai bafak kesayangan ❤ ❤ ❤
        Makasih banyak loh lin udah dibaca cerita yang beginian:'v mana pake kadal kadalan sama ayam kan apa banget :3
        Ya bolehlah, aku gak keberatan kok wkwk nanti kita adain project berikutnya pake hewan mutan uyea!
        Keep writing juga ayang, sekali lagi makasih banyak ❤ ❤ ❤ ❤ ❤

        Like

  2. Alsa? Peralihan ya kayanya dari E ke A😆

    Adu cha, ngikut deh sama komen yang diatas atas, memang paling bisa buat umpatan gitu, suqaaaa

    Bikin yang kegini lagi ok?
    Tapi pls odi, ngingetin aku sama itu wkwk😂

    Banyakin bikin orific lagi ok? luv ya!❤

    Liked by 1 person

    1. Heh, enggak ya XD
      Aku ngumpat gaje kok malah suka kan apa-apaan qamoe hmm
      Ngingetin sama pacarnya kak dian yaaaa? wkwk
      InsyaAllah, yoo, makasih banyak loh ya ayanq ❤ i luv ya too <3<3,3

      Like

  3. Aju niceeee ending-nya bikin nyeseque wkwkwk tipically cowok diem yang gatau gimana ngomong perasaannya emang ada kok. ada, tenang ae ini ga menye-menye amat wkwk.

    Echaaa ternyata kamu itu anak macseoul tohh, aku tau kamu dari SKF heuu ternyata orangnya samaan yaAllah ya Tuhanku. Pantesan gaya nulisnya yang ringkes-ringkes padet itu nempel banget wkwk. khas kamu gitu. Keep writing ya dear^^

    Liked by 1 person

    1. Halo, kak (aku lupa kalo mungkin kita pernah intro, maafin tapi aku pikunan banget😭 )
      Ya Allah Ya Rabb jujur aku tuh sering liat pen name kakak juga, kan pernah komen di ff alay aku kan😂
      Anyway, makasih banyak loh kak reviewnya💞💞 aku padamuuu🙆🙆🙆🙆

      Like

  4. Hai Ecaakim ^^ salam kenal. Aku Aya, pembaca baru dan dari beberapa komentar di atas–sekilas aku baca–kamu orang Banjar ya, Banjarmasin atau Banjarbaru kkkk 😀 btw, kita satu tanah pijakan berarti 🙂

    Overall aku suka cerita kamu ^^

    Liked by 1 person

    1. Halo, kak aya, salam kenal kembali *0*
      Aduh, mohon maaf sebelumnya baru sempat bales komentar, belakangan ini buka wp jadi rutinitas yang jarang, hehe
      Iya, aku keturunan banjar yang gak bisa bahasa banjar dan menetap di tanah batak(?) /nah loh/
      Kakak wong banjar juga, ya? Haha, ketemu saudara dong kalo gitu akunya 😁
      Anyway, terima kasih sebanyak-banyaknya, kak, udah baca dan udah suka💕💕💕

      Like

Comment?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s