Lukisan.

south_med

kateejung’s

***

Aku memasuki sebuah pameran yang baru saja buka kemarin. Kaki beralaskan flat shoes-ku menapaki tangga demi tangga untuk dapat mencapai pintu utama pameran. Dengan sebuah kamera yang mengganyung di leher ber-syal merahku, aku memasuki pameran yang tak terlalu ramai pengunjung sore itu. Satu persatu lukisan yang terpajang di sana mampu membuatku terpana akan keindahan yang disuguhkan pelukisnya untuk kami—orang-orang pecinta seni.

Aku memang tidak begitu dalam mengetahui apa itu seni, namun aku sangat tertarik dengan dunia seni itu sendiri. Aku menghentikan atensiku bergerak liar ke kiri dan ke kanan untuk mengalihkannya ke satu lukisan yang membuatku diam tak berkutik.

Di sudut kanan pameran sore itu, ada sebuah lukisan yang um—cukup menarik perhatianku dengan cukup lama. Aku mengaku jika diriku memang cukup awam di dunia seni melukis tapi entah mengapa aku merasa jika lukisan itu menyimpan cerita yang cukup menarik.

Lukisan itu memang sederhana; di mana di sana terlukiskan wajah seorang gadis dengan soror mata yang kosong, dan juga bibir yang tak menampakkan senyum sama sekali. Hanya lukisan gadis itu yang menonjol, latar lukisan semuanya berwarna hitam. Seolah menceritakan kepedihan si gadis yang menjadi fokus utama sang pelukis.

Segera aku memegang kamera yang kugantung sejak tadi dan mulai melayangkan fokus lensa ke lukisan sederhana itu. Setelah selesai, kulangkahkan kedua kakiku ke pintu keluar untuk pulang. Aku tidak sabar ingin merekomendasikan pameran ini ke Ryan—tetanggaku yang memang kuliah di jurusan seni dan amat-sangat menyukai; bahkan mendalami dunia seni-melukis.

Akan kutanya apa reaksinya begitu melihat lukisan itu nanti.

Advertisements

One thought on “Lukisan.

Comment?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s